Magister Manajemen Rumah Sakit

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 7 Pebruari 2019 , oleh admin mmrs , pada kategori Agenda Kegiatan

image (2) image (1)

Salah satu kegiatan rutin Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit adalah hospital visit ke rumah sakit bagi mahasiswa semester 1.  Hospital visit ini sebagai salah satu tahapan proses belajar mengajar bagi mahasiswa untuk dapat melakukan observasi dan memahami proses pelayanan klinis dan penunjang agar mahasiswa mempunyai wawasan yang luas tentang pengelolaan rumah sakit yang dimulai dari unit kerja.  Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan proses layanan klinis dan penunjang di rumah sakit, menjelaskan fungsi dan standar unit yang diamati di rumah sakit, menjelaskan pengelolaan unit yang diamati di rumah sakit, serta menjelaskan kendala dan solusi pengelolaan unit pengamatan.

Rumah sakit yang dituju untuk hospital visit pada tahun 2018 adalah Rumah Sakit Gatoel Mojokerto Jawa Timur.  Rumah Sakit Gatoel merupakan rumah sakit tipe B yang berada di Jalan Raden Wijaya 56 Mojokerto. Rumah Sakit Gatoel merupakan rumah sakit milik PTP Nusantara X.  Saat ini, Rumah Sakit Gatoel telah mendapat Akreditasi Paripurna.  Rumah sakit ini memiliki layanan unggulan berupa layanan hemodialisa terlengkap dengan jumlah alat hemodialisa yang mencapai 35 unit.  Selain itu, Rumah Sakit Gatoel memiliki Poli Eksekutif dengan pelayanan One Stop Services.

Hospital visit dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 22 November 2018.  Kegiatan ini diikuti oleh 30 mahasiswa angkatan tahun 2018 yang didampingi oleh satu dosen yaitu dr Nikma Fitriasari, MMRS.  Rombongan mahasiswa berangkat dari kampus tercinta sekitar pukul 06.00 WIB, dan sampai di Rumah Sakit Gatoel pukul 08.30.  Mahasiswa disambut hangat oleh para karyawan Rumah Sakit Gatoel dengan senyum dan sikap ramah.  Mahasiswa langsung menuju ke Ruang Pertemuan Rumah Sakit Gatoel.

Rangkaian acara hospital visit dimulai dari sambutan Direktur Rumah Sakit Gatoel yang merupakan alumnus Magister Manajemen Rumah Sakit angkatan tahun 2016, yaitu dr. Abdi Youandi, MMRS. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pembagian mahasiswa menjadi 5 kelompok.  Masing-masing kelompok melakukan observasi dan wawancara di 2 (dua) unit, yaitu unit pelayanan klinis dan unit penunjang.  Unit pelayanan klinis yang dituju adalah Intensive Care Unit (ICU), Instalasi Rawat Darurat, Instalasi Rawat Inap, Kamar Operasi, dan Instalasi Rawat Jalan.  Unit penunjang yang dituju adalah Unit Farmasi, Unit Gizi, Unit Laboratorium, Unit Linen laundry , dan Unit Radiologi.  Setiap kelompok didampingi oleh 1 (satu) orang pembimbing lapangan (dari Rumah Sakit).

Alokasi waktu kunjungan di unit pelayanan klinis
adalah 3 (tiga) jam dan kunjungan di unit penunjang berkisar 2 (dua) jam. Kunjungan dimulai pukul 09.00 WIB.  Setiap kelompok membuat checklist sebagai salah satu alat untuk melakukan 
observasi dan wawancara yang dibuat berdasarkan standar input (misal standar sumber daya manusia, standar fasilitas), alur dan 
proses, serta output.  Kunjungan berakhir pada pukul 15.00, yang dilanjutkan 1 jam diskusi mandiri bersama Direktur Rumah Sakit dan para pendamping kelompok dari rumah sakit.  Diskusi berjalan lancar dan menarik. Mahasiswa mendapat banyak informasi baru dan melakukan konfirmasi dalam diskusi tersebut.  Direktur Rumah Sakit juga menyampaikan kebahagian atas kunjungan mahasiswa.  Harapan Direktur Rumah Sakit, mahasiswa mampu memberikan masukan berdasarkan hasil temuan saat kunjungan guna perbaikan dan kemajuan rumah sakit.

Hospital visit berakhir pada pukul 16.00 WIB.  Mahasiswa kembali ke Malang.  Mahasiswa mendapat tugas menuliskan hasil hospital visit dalam bentuk laporan tertulis dan dipresentasikan 2 (dua) minggu kemudian.