Magister Manajemen Rumah Sakit

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 30 Juli 2019 , oleh admin mmrs , pada kategori Berita

PESERTA MEMBLUDAK !!

MMRS FKUB SUKSES GELAR SEMINAR PEMBANGUNAN KLINIK / RS BARU

 

Hari Sabtu, 20 Juli 2019 Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya mengadakan Seminar bertajuk:

Pembangunan Klinik / Rumah Sakit (RS) Baru di Era JKN, Menguntungkan kah?

Acara tersebut diadakan di Auditorium Lantai 6 Gedung A Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Sejak pukul 9 pagi, ratusan peserta antusias mengikuti acara. Tidak hanya dari Kota Malang, peserta banyak yang berasal dari kota lain seperti Jember, Banyuwangi, Tulungagung bahkan berasal dari Blora, Jawa Tengah.

3. _INDO_ ARTIKEL SEMINAR_ JULI 2019_001

Tito Haripradianto, ST.,MT dalam pemaparan materi tentang strategi pembangunan klinik / RS baru di era JKN menyampaikan bahwa era saat ini, RS diharapkan memiliki master plan yang nantinya akan membantu mempermudah segala aktivitas baik kinerja perawat, dokter maupun aktivitas pasien dan tamu.

“Walaupun belum memiliki dana maupun ukuran gedung dan lahan yang cukup untuk langsung membangun dalam skala besar, RS / Klinik sebaiknya sudah memiliki gambar master plan kedepan akan dibentuk bagaimana RS / Klinik yang dimiliki. Sehingga proses pembangunan akan berjalan dengan lebih terarah. Master plan inilah yang akan menjadi panduan pengembangan RS / Klinik masa mendatang” Ujar Tito Haripradianto, ST.,MT selaku pembicara.

Peserta yang hadir juga aktif bertanya beragam hal, salah satunya mengenai regulasi pendirian RS. “Saya jadi semakin jelas mengenai persyaratan administrasi apa saja yang harus saya persiapkan sebelum membangun RS. Banyak hal yang belum saya lakukan salah satunya  mengenai studi kelayakan” Ungkap salah seorang peserta seminar.

“Studi kelayakan merupakan suatu komponen penting, karena didalamnya terdapat 3 aspek kajian yaitu: kajian kebutuhan pelayanan, kajian kebutuhan sumber daya dan kajian keuangan. Ini merupakan kajian penting yang harus dilakukan sebelum RS betul – betul beroperasi” ujar dr. Nikma Fitriasari,MMRS saat menyampaikan materi tentang Regulasi Pendirian RS.

3. _INDO_ ARTIKEL SEMINAR_ JULI 2019_002

 Dr. dr. Tita Hariyanti, M.Kes selaku Ketua Program Studi MMRS sekaligus pembicara, juga berbagi informasi dan ilmu khususnya berkaitan dengan strategi pemasaran RS/Klinik. “Kita harus mampu menciptakan formula strategi pemasaran yang efektif melalui positioning dan differenttiation atas RS / Klinik yang kita miliki. Be The First, Be The Best, Be Unique dan komunikasikan positioning RS Anda secara efektif kepada masyarakat. Ini salah satu strategi pemasaran yang harus Anda kuasaiUjar beliau.

Acara seminar berlangsung semarak dengan banyak nya sesi tanya jawab dan ditutup dengan pemberian sertifikat kepada para narasumber. Kedepan acara ini akan menjadi event rutin yang diadakan oleh Prodi MMRS guna memberikan manfaat dan berbagi ilmu kepada seluruh masyarakat umum, khususnya berkaitan dengan Manajemen Rumah Sakit.

Sampai bertemu dalam seminar MMRS FKUB selanjutnya!!