Magister Manajemen Rumah Sakit

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

Program Magister Manajemen Rumah Sakit pada awalnya merupakan peminatan pada Program Studi Magister Manajemen. Sejalan dengan perkembangan keilmuan dalam Manajemen Rumah Sakit, kemudian berkembang menjadi Program Studi.

Founding Father-Sejarah

Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit (MMRS) merupakan salah satu program Pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Keberadaan Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit diharapkan akan mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang kompeten untuk menangani masalah-masalah yang relevan dengan pengelolaan rumah sakit secara profesional. Program Magister Manajemen Rumah Sakit pada awalnya merupakan peminatan pada Program Studi Magister Manajemen di Fakultas Ekonomi pada tahun 2004.

Selanjutnya tim pengelola mempersiapkan pengembangan program studi melalui proses studi kelayakan pada calon mahasiswa dan pengguna lulusan serta mempersiapkan dokumentasi pengajuan program studi. Sesuai dengan SK Rektor nomor 246B/SK/2007, 25 Juni 2007 program minat manajemen rumah sakit selanjutnya dikelola oleh Fakultas Kedokteran. Secara resmi penyelenggaraan pendidikan Magister Manajemen Rumah Sakit dengan gelar MMRS ditetapkan pada 14 Juli tahun 2009 dengan surat Dirjen Dikti perihal ijin Penyelenggaraan Program Studi MMRS di Universitas Brawijaya no 1128/D/T/2009. Penyelenggaraan pendidikan magister manajemen rumah sakit merupakan amanah negara untuk menjamin penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang mampu menjamin akses, keadilan, mutu, dan keselamatan pasien. Dalam kapasitas sebagai pemimpin dan manajer organisasi pelayanan kesehatan rumah sakit yang padat modal, teknologi, profesi, dan keahlian memerlukan ketrampilan, dan kapabilitas intelektual yang tinggi sebagai seorang magister.

Mahasiswa-Sejarah

Tingginya kebutuhan dan peminatan pendidikan bagi para manajer rumah sakit ditandai dengan trend terus meningkatnya jumlah peminat serta dengan semakin meningkatnya penerimaan mahasiswa. Sebagai bentuk komitmen Program Studi terhadap pendidikan Profesional Berkelanjutan, Program Studi menyelenggarakan rangkaian seminar dan workshop sesuai dengan perkembangan pengetahuan dan kebutuhan para manajer rumah sakit yang menjadi stakeholder Program Studi MMRS.

Kegiatan pengabdian masyarakat juga dilakukan melalui kerjasama dengan Rumah Sakit dalam bentuk in-hospital training dan konsultasi. Permasalahan yang ditemukan dalam kegiatan workshop, pelatihan dan konsultasi menjadi bahan kajian penelitian dan pengayaan isi materi perkuliahan. Hasil penelitian selanjutnya menjadi bahan dalam kegiatan seminar, workshop, pelatihan dan konsultasi. Dengan demikian terbentuk sinergi antara permasalahan di lapangan, kajian penelitian dan isi materi pendidikan yang diharapkan dapat membentuk link and match Program Studi MMRS dan Stakeholdernya.