Magister Manajemen Rumah Sakit

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 26 Januari 2015 , oleh Hardini Driya

STRUKTUR ORGANISASI: PERSONALIA & TUGAS FUNGSI

PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT

JURUSAN KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA

 

KETUA PROGRAM  STUDI

Tugas & Fungsi:

Ketua Program Studi mempunyai tugas:

  1. Menyusun program kerja sebagai pedoman kerja dengan prinsip efisiensi,akuntabilitas, dan transparansi;
  2. Memimpin dan melaksanakan fungsi manajerial PS untuk pengendalian pelaksanaan proses kegiatan akademik serta pengadministrasian kegiatan pendukungnya;
  3. Melakukan koordinasi dengan Ketua Jurusan dalam hal penyusunan kebijakan mutu dan sasaran mutu;
  4. Mengelola pelaksanaan pendidikan program studi untuk pencapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pimpinan fakultas dengan bekerjasama dengan pihak terkait (Asosiasi/Kolegium).

 

Ketua Program Studi mengemban fungsi terealisasinya:

  1. Koordinasi semua stakeholder untuk mengimplementasikan dan berpartisipasi dalam pengembangan kurikulum yang dibuat Kolegium/Asosiasi;
  2. Koordinasi dengan Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan serta Kepala Departemen/ Laboratorium dalam melakukan penjaminan mutu akademik;
  3. Program kerja untuk pengembangan mutu pendidikan;
  4. Program unggulan yang memperkuat eksistensi program studi berdasar rencana pengembangan fakultas;
  5. Koordinasi dengan Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan serta Kepala Departemen/ Laboratorium dalam menyusun rencana dan pertanggungjawaban penerimaan mahasiswa;
  6. Penyusunan rencana dan koordinasi kegiatan pelaksanaan praktikum/ stase lapangan mahasiswa;
  7. Koordinasi penyusunan konsep Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berdasarkan ketentuan yang berlaku;
  8. Pembuatan pembagian tugas perkuliahan dan beban mengajar dosen;
  9. Penyusunan instrumen monitoring pelaksanaan perkuliahan dan implementasinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan mutu Program Studi;
  10. Monitoring dan pencapaian kompetensi dan menentukan keberhasilan studi mahasiswa, serta melakukan evaluasi terhadap lama studi mahasiswa;
  11. Studi pelacakan terhadap mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan;
  12. Masukan tentang kinerja para dosen dan karyawan administrasi kepada Ketua Jurusan;
  13. Pemberian dan atau pengusulan sanksi untuk mahasiswa kepada Ketua Jurusan sesuai aturan yang berlaku;
  14. Pertanggungjawaban dan kerjasama dengan Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan dalam persiapan Akreditasi Program Studi;
  15. Penyusunan laporan kinerja program studi baik melalui PDPT, dan atau borang akreditasi;
  16. Pengusulan perencanaan dan pengembangan SDM; pengelolaan surat-surat yang berkaitan dengan mahasiswa (ijin cuti, ijin,perpanjangan studi dan kegiatan-kegiatan mahasiswa).

 


 

 

KOORDINATOR AKADEMIK

Tugas & Fungsi:

Mempunyai fungsi membantu Ketua Program Studi dalam melaksanakan kepemimpinan operasional, organisasi, dan publik pada Program Studi.

Mempunyai tugas:

 

  1. Mengoordinasikan kegiatan operasional:
  • Kesekretariatan
  • Administrasi Akademik
  • Administrasi Keuangan
  • Administrasi Umum dan Perlengkapan
  1. Memberikan masukan kepada Ketua Program Studi, baik diminta maupun tidak;
  2. Mengoordinasikan penyelenggaraan mata kuliah;
  3. Menghimpun dan mengkaji peraturan perundang-undangan di bidang akademik dan membantu

Ketua Program Studi dalam pembuatan draf aturan di bidang pendidikan; dan

Menyusun dan menyampaikan laporan hasil kerjanya kepada Ketua Program Studi.

 

TIM MONITORING DAN EVALUASI

Tugas & Fungsi:

Tugas Pokok :

Mempunyai fungsi melakukan kegiatan penjaminan mutu, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan pendidikan pada Program Studi.

Mempunyai tugas:

  1. Menyusun rencana dan program kerja unit;
  2. Mengoordinasikan penyusunan Sasaran Mutu beserta indikatornya di tingkat Program Studi dan memonitor secara berkelanjutan;
  3. Mengoordinasikan, memantau, dan menilai pelaksanaan Penjaminan Mutu di tingkat Program Studi;
  4. Memantau dan menilai pelaksanaan Program Kerja di tingkat Program Studi;
  5. Melaksanakan pengembangan metode evaluasi rutin dari stakeholders terhadap pelaksanaan kegiatan pendidikan di tingkat Program Studi;
  6. Melaksanakan pengumpulan dan analisis data evaluasi rutin dari stakeholders, serta mengoordinasikan tindak lanjut hasil evaluasi;
  7. Mengoordinasikan penyusunan dokumen Akreditasi atau Sertifikasi Nasional dan Internasional di tingkat Program Studi;
  8. Mengoordinasikan penyusunan dokumen Audit Internal Mutu (AIM) di tingkat Program Studi;
  9. Mengoordinasikan kegiatan penjaminan mutu dengan Pusat Jaminan Mutu (PJM) UB dan Gugus Penjaminan Mutu (GJM) FK; dan
  10. Menyusun dan memberikan laporan hasil tugasnya kepada Ketua Program Studi.

 TIM KURIKULUM

Tugas & Fungsi:

Mempunyai fungsi melakukan kegiatan pengembangan pendidikan, mengoordinasikan, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan pendidikan pada Program Studi.

Mempunyai tugas:

  1. Menyusun rencana dan program kerja unit;
  2. Mengoordinasikan, memantau, dan menilai pelaksanaan pengembangan kurikulum berbasis outcome;
  3. Melaksanakan perencanaan dan pengembangan metode pembelajaran untuk pendidikan akademik yang efisien;
  4. Memantau agar seluruh area kompetensi tersebar secara proporsional dalam seluruh mata kuliah dan keterampilan;
  5. Menilai proses belajar-mengajar sesuai standar mutu (standar proses dan standar output);
  6. Melaksanakan upaya-upaya pembinaan untuk meningkatkan dan mengembangkan mutu Dosen dalam proses pembelajaran;
  7. Melaksanakan pengembangan pembelajaran secara elektronik dan pembelajaran jarak jauh; dan Menyusun dan memberikan laporan hasil tugasnya kepada Ketua Program Studi.