Magister Manajemen Rumah Sakit

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 14 Juni 2019 , oleh admin mmrs , pada kategori Berita

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Pada Kamis, 2 Mei 2019, 43 orang berbondong-bondong menuju kantor MMRS, memadati lantai 2 Gedung B Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya sejak pagi. Mengapa?

Rupanya hari tersebut merupakan hari ujian terakhir seleksi penerimaan mahasiswa baru. Sebanyak 7 orang staf dosen diturunkan untuk menggali keinginan dan kemampuan calon mahasiswa. Masing-masing calon mahasiswa yang telah mendaftar online via SELMA dan telah mengikuti psikotest melalui MMPI maupun MCMI, diwawancara oleh seorang staf dosen selama sekitar 30-45 menit. Tes wawancara ini merupakan tes yang paling menentukan penerimaan calon mahasiswa yang memperebutkan 30 kuota bangku studi lanjut di MMRS di tahun ajaran 2019/2020.

Wawancara berjalan lancar dan selesai tepat waktu pada pukul 15.00 sore. Para peminat berasal dari berbagi penjuru di Indonesia, utamanya dari Jawa, Bali, Madura, dan Kalimantan. Bahkan, di tahun ini, terdapat peminat yang berasal dari Timor Leste, yang  merupakan hasil kerja sama Universitas Brawijaya dengan pemerintah Timor Leste. Selain peminat dari Timor Leste tersebut, tidak sedikit calon mahasiswa yang dibiayai oleh institusinya, baik dari Rumah Sakit maupun Puskesmas. Ada pula seorang peminat yang dibiayai oleh lembaga beasiswa LPDP. Hal ini membuktikan adanya kepercayaan dari institusi maupun lembaga beasiswa terhadap PS MMRS FKUB.

Ketika calon mahasiswa ditanya alasan memilih MMRS FKUB untuk melanjutkan studi, banyak yang menyatakan ketertarikan mereka berawal dari jadwal kuliah MMRS yang diadakan pada akhir minggu. Mereka tidak perlu meninggalkan pekerjaan mereka di hari kerja.  Gelar MMRS (Magister Manajemen Rumah Sakit) juga menjadi salah satu daya tarik.  Selain karena gelar ini sangat spesifik dalam menggambarkan ilmu manajemen rumah sakit, MMRS FK UB merupakan satu-satunya program studi perguruan tinggi negeri yang mengeluarkan gelar MMRS untuk lulusannya.

Nama-nama mahasiswa yang diterima akan diumumkan pada tanggal 22 Mei 2019. Daftar nama tersebut dapat dilihat online melalui website resmi MMRS, yaitu mmrs.fk.ub.ac.id.