Magister Manajemen Rumah Sakit

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 26 Juli 2017 , oleh admin mmrs , pada kategori Berita

Hotel Olino tampak dipenuhi oleh mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit angkatan 2016 sejak Sabtu pagi, 18 Maret 2017. Mereka rupanya sibuk mempersiapkan seminar yang berjudul “Hospital Benchmarking: a Dedication for Safety and Excellence”. Seminar tersebut merupakan penutup dari rangkaian studi banding Program Studi yang dilaksanakan pada tanggal 5-8 Maret 2017 mahasiswa berkesempatan melakukan “Hospital Visit” ke Siriraj Hospital dan Thailand Hospital yang berlokasi di Bangkok, Thailand.  Tujuan seminar itu sendiri adalah untuk bertujuan untuk sharing dan mendiskusikan hasil studi banding. Peserta studi banding berlaku sebagai pemateri sekaligus moderator, sedangkan dosen mata kuliah terkait akan memberikan tanggapan dan masukan terhadap materi yang dipresentasikan.

Acara yang dihadiri oleh kurang lebih 20 orang ini dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 14.30 WIB. Sebanyak 4 kelompok presentasi membawakan materi dengan masing-masing kelompok berfokus pada topik berikut:

  • role and impact of national health system in implementing patient safety management and service excellence in Indonesia hospital
  • gap analysis: patient safety standard and implementation in Thailand hospital and the fact in Indonesia Hospital
  • cost and consequences of patient safety and service excellence and the strategy to cope with health financing scheme
  • developing hospital for marketing stategy and maintaining hospital sustainability

Menariknya, keseluruhan presentasi dilakukan menggunakan Bahasa Inggris. Moderator dan MC pun juga harus berbahasa Inggris. Dengan demikian, acara seminar ini sekaligus merupakan ajang bagi mahasiswa untuk mengembangkan skill presentasi dalam bahasa Inggris sekaligus ajang mengasah kepercayaan diri dalam berbahasa asing.