Magister Manajemen Rumah Sakit

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 21 Juni 2017 , oleh admin mmrs , pada kategori Berita

Salah satu kegiatan akademik yang rutin diadakan pada tiap semester adalah ujian akhir semester. Namun, ujian akhir semester yang diikuti oleh mahasiswa semester 1 di setiap angkatan MMRS, termasuk angkatan 2016 pada tanggal 15-16 Januari 2017 ini, agaknya cukup spesial. Mengapa demikian?

 

Bertajuk Ujian Akhir Semester Terintegrasi, ujian ini mengadaptasi konsep acara populer The Apprentice”, yaitu tv shows mengenai dunia bisnis yang dipandu oleh jutawan sekaligus Presiden AS terpilih, Donald Trump.  Ujian ini merupakan mekanisme evaluasi akhir semester yang bersifat komprehensif dan menilai kemampuan mahasiswa dalam mengintegrasikan seluruh subyek ilmu untuk mengelola permasalahan manajemen rumah sakit.

 

Mahasiswa dibagi menjadi 4 kelompok, yang akan bertindak sebagai tim dari internal manajemen rumah  sakit. Tim tersebut diberikan tugas untuk melakukan analisis untuk mengembangkan produk layanan baru atau mengembangkan layanan yang ada. Peserta ujian akan dinilai berdasarkan naskah yang mereka kumpulkan, presentasi, dan tanya jawab. Masing-masing kelompok mendapatkan alokasi waktu sebanyak 2 jam, dengan rincian presentasi selama 20 menit dan tanya jawab selama 100 menit.

 

Pendekatan ujian integrasi ini dimaksudkan untuk mampu mengevaluasi unjuk kerja tim dan individu dalam seluruh kompetensi yang harus dicapai. Aspek evaluasi meliputi penguasaan materi terkait, kemampuan menganalisis data dan sintesis berdasarkan referensi yang adekuat, kemampuan menyajikan hasil secara tertulis dan lisan, kemampuan bekerjasama dalam kelompok serta sikap kepemimpinan dan profesionalisme yang ditunjukkan dalam kualitas hasil kerja dan saat ujian.

 

Mahasiswa sendiri juga merasakan manfaat dari sistem ujian yang terintegrasi. Saat diwawancarai, salah seorang peserta ujian mengaku lebih memilih sistem ujian yang demikian karena dirasa lebih aplikatif dan lebih mampu mengukur pemahaman mahasiswa dibanding sistem ujian konvensional tertulis yang menitikberatkan pada hafalan.

IMG_5299

IMG_5294

IMG_5257